Selamat Datang di Website Resmi Desa Pulau Maringkik Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur - NTB

Artikel

Gelar Workskop Literasi Digital Di Pulau Maringkik, Karta Lotim Tingkatkan SDM Anggota di Bidang Tek

11 Januari 2022 19:50:49  Administrator  552 Kali Dibaca 

Memasuki era digital yang serba canggih membuat manusia dituntun untuk serba bisa memanfaatkan peluang teknologi sebagai penunjang kedepan, serta memberdayakan Sumber Daya Manusia(SDM) dan pemuda.  Workskop Literasi Digital digelar bekerja sama dengan Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur Di gedung Serba Guna, Pulau Maringkik, pada jum'at (15/10).

Hadir dalam workshop literasi digital itu, Pemerintah Desa Pulau Maringkik, Pengurus Karang Taruna kabupaten Lombok Timur dan Penggiat Digital (Nurlya ) Jawara internet sehat, Indra Trisni Puspita dari Part Of Indigo Community, Telkom Indonesia dan Muslifa Pegiat UMKM, serta para pemuda pulau maringkik.

Dalam sambutan Sekretaris Desa(Sekdes) Agus S.Pd menyampaikan bentuk terimakasih atas kegiatan Workshop serta kunjungan Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur ke Pulau Maringkik.

Dirinya berharap, dengan adanya pertemuan ini bisa membenahi pemuda-pemuda yang ada di Desa Pulau Maringkik.

"Sempat terbentuk karang taruna pulau maringkik, namun eksistensi hilang, maka kami berharap dengan adanya pertemuan ini bisa kedepan nya terbentuk kembali," ujarnya.

Sekdes mengatakan, 2017 lalu berhasil dikumpulkan para pemuda untuk ikut dalam turnamen sepak bola yang diadakan baik dipulau maringkik atau diluarnya dan itu dibiayai oleh pemerintah desa.

kita biayai jika pemuda ingin bergerak dibidang olahraga dan mengembangkan bakatnya, dan kami berharap dari Musyawaran Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) pemuda ikut hadir menuangkan ide dan gagasan nya karna pemuda sebagai Agen Of Change untuk kemajuan desa," ungkapnya.

Sampaian sebatik dituangkan oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur, Samsul Hadi S.pd menyampaikan tujuan pertemuan pemuda ialah agar kedepannya Sumber Daya Manusia (SDM) diperkuat, karna pemuda berperan penting dalam menyambut bonus demografi kedepan.

"Peran pemuda sangat penting dalam mengawal perkembangan baik didesa dan kedepan, bahkan Permensos 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna menyebutkan bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda" papar Samsul Hadi.

Ditempat yang sama, Indra Trisni Puspita dari Part Of Indigo Community, Telkom Indonesia menyampaikan untuk melawan hoax yang banyak tersebar di handphone.

"lewat workshop ini saya paparkan dan jelaskan agar pengguna handphone tidak mudah percaya dengan hoax dan meng klik link yang kurang jelas arahnya," Ungkap Trisni.***

Memasuki era digital yang serba canggih membuat manusia di tuntud untuk serba bisa memanfaatkan peluang teknologi sebagai penunjang ke depan. Selain itu juga memberdayakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemuda. Hal itu disampaikan ketika digelar Workskop Literasi Digital bekerja sama dengan Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur, bertempat di Gedung Serba Guna, Pulau Maringkik, pada jum’at (15/10/21).

Acara ini dihadiri oleh 50-an warga dan pemuda Pulau Maringkik. Tampak hadir dalam acara workshop literasi digital dari jajaran Pemerintah Desa Pulau Maringkik, Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur dan Pegiat Digital Nurlya, Jawara internet sehat, Indra Trisni Puspita dari Part Of Indigo Community, Telkom Indonesia serta Muslifa Pegiat UMKM, yang antusias menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Sekretaris Desa (Sekdes), Agus S.Pd, mengatakan, bentuk terima kasih yang sebesarnya perihal kegiatan workshop serta kunjungan Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur.

Ia berharap, dengan adanya pertemuan ini bisa membenahi pemuda-pemuda yang ada di Desa Pulau Maringkik.

“Sempat terbentuk Karang Taruna pulau Maringkik. Namun, eksistensinya hilang, maka kami berharap dengan adanya pertemuan ini ke depannya bisa terbentuk kembali,” ujarnya.

Sekdes menjelaskan, tahun 2017 silam berhasil dikumpulkan para pemuda untuk ikut dalam turnamen sepak bola yang diadakan baik di pulau Maringkik maupun diluar pulau. Itu dibiayai oleh pemerintah desa.

“kita biayai jika pemuda ingin bergerak di bidang olahraga dan mengembangkan bakatnya. Kami berharap dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang), pemuda ikut hadir menuangkan ide dan gagasanny. Karena pemuda sebagai Agen Of Change (Agen perubahan-Red) untuk kemajuan desa,” ungkapnya.

Sampaian sebatik dituangkan oleh Ketua Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur, Samsul Hadi S.Pd. Menurut ia, tujuan pertemuan pemuda ini ialah sebagai program kerja Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur yakni, Goes to village serta ke depannya kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) diperkuadiperkuat. Sebab, pemuda berperan penting dalam menyambut bonus demografi di masa yang akan datang.

Dalam kesempatan itu, Ketua Karang Taruna Kabupaten Lombok Timur, Samsul, mengajak pemuda ikut bersinergi dan berkontribusi nyata untuk kemajuan desa pulau Maringgik. Ikut serta mendukung program pemerintah dalam upaya pembangunan berkelanjutan.

“Peran pemuda sangat penting dalam mengawal perkembangan baik di desa dan ke depan. Bahkan, Permensos 25 tahun 2019 tentang Karang Taruna menyebutkan bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri, tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk generasi muda,” bebernya.

Ditempat yang sama, Indra Trisni Puspita dari Part Of Indigo Community, menguraikan, Telkom Indonesia menyampaikan untuk melawan berita hoax yang banyak tersebar di jejaring sosial.

“Lewat workshop ini saya paparkan dan jelaskan agar pengguna handphone tidak mudah percaya dengan berita hoax dan meng-klik link yang kurang jelas arahnya,” tandasnya

Sekdes menambahkan, dalam beberapa waktu terakhir banyak kasus narkoba yang terjadi serta pernikahan dini. Untuk itu, pemuda diharuskan ikut andil dalam memerangi kasus narkoba.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

Aplikasi Bakso SIK-NG Kemensos

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Dermaga Lama Tj. Luar - Pulau Maringkik
Desa : Pulau Maringkik
Kecamatan : Keruak
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83672
Telepon : 081239244480
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:100
    Kemarin:169
    Total Pengunjung:44.878
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.69.58.15
    Browser:Mozilla 5.0