Selamat Datang di Website Resmi Desa Pulau Maringkik Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur - NTB

Artikel

Pulau Maringkik, Pulau Nelayan Terindah di Lombok Timur

01 Januari 2022 14:44:23  Administrator  1.580 Kali Dibaca  Berita Desa

Pulau Maringkik sebenarnya merupakan gili atau pulau kecil, namun karena gili ini berpenghuni sehingga penyebutannya lebih dikenal sebagai pulau. Gili ini terletak di Desa Pulau Maringkik, Kecamatan Keruak, Lombok Timur.

Dulunya pulau ini bernama Gili Buwung. Walau lokasinya terpencil, gili ini sudah dilengkapi kantor PLN dan terdapat beberapa sekolah dan masjid. Pulau ini cukup padat penduduk yang mencapai hampir 2.000 jiwa. Hal ini bisa dilihat dari bangunan perumahannya yang berdempet-dempet. Uniknya pulau ini dihuni oleh beberapa suku seperti Bajo, Bugis, Ende NTT, Mbojo dan Sasak. Semuanya melebur menjadi satu.

Kita bisa melihat aktivitas penduduk yang sehari-hari bekerja sebagai nelayan di sini. Sementara para perempuan bekerja sebagai penenun. Penduduknya begitu ramah dan kesederhanaan yang dimiliki sangat jarang bisa ditemukan di tempat lain.
Foto:instagram.com/jonimandala_

Pulau Maringkik memiliki ciri bertebing dengan banyak tebing karang yang tersebar di sekitar pulau. Di selatan pulau terdapat tebing karang yang menjorok ke lautan dan berwarna keemasan saat diterpa cahaya matahari. Karakeristik inilah yang menjadikannya sebagai pulau nelayan terindah.

Di bawah tebing yang menjorok ini terdapat sebuah terowongan kecil yang tembus ke lautan. Terowongan ini menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. Di ujung tebing, Teman Brisik juga bisa menikmati pemandangan pulau dan merasakan sensasi cipratan ombak.

Pasir pantai di Pulau Maringkik memiliki beberapa warna, ada pasir hitam, putih dan didominasi pasir berwarna kemerahan yang halus. Di tepian pantainya, kamu bisa bersantai sambil berjemur, meminum es kelapa muda, berenang dan snorkeling.

Pada sisi Pulau Maringkik, tepatnya di kawasan dermaga lama, terdapat sebuah jalan pasir putih memanjang yang akan muncul saat air laut surut. Jalan pasir ini menjadi penghubung antara Pulau Maringkik dengan Gili Bembek.

Teman Brisik bisa menyusuri jalan pasir ini untuk mengambil foto atau menyeberang ke Gili Bembek. Tak jarang wisatawan juga dapat menemukan hewan air seperti bintang laut dan beberapa jenis keong di sini.

Menyusuri lebih jauh Pulau Maringkik, Teman Brisik akan menemukan Bukit Maringkik. Bukit ini bisa didaki untuk melihat pemandangan laut luas, gugusan tebing indah, deretan pantai dari kejauhan dan perahu nelayan yang berlalu lalang.
 
Foto:instagram.com/pangeranlobar/

Teman Brisik bisa berkunjung ke Pulau Maringkik kapan saja dan gratis biaya masuk. Di pulau ini sudah ada warung makan yang menjual aneka seafood dan minuman. Untuk toilet dan tempat ibadah, kamu bisa ke masjid atau menumpang di rumah warga setempat.

Untuk menuju ke Pulau Maringkik, Teman Brisik bisa menyeberang dari Pelabuhan Tanjung Luar. Teman Brisik akan menyeberang menggunakan perahu selama 30 menit dengan tarif Rp200.000 – 300.000 per perahu yang berisi 6-8 orang.

Lokasi pelabuhan ini berada di Desa Tanjung Luar, Kematan Keruak, Lombok Timur, sekitar 66 kilometer dari Kota Mataram. Teman Brisik bisa menggunakan jasa travel dengan tarif Rp400.000 per hari, karena belum ada angkutan umum sampai ke sini.

Akses jalan menuju Pulau Maringkik sudah bagus, tidak ekstrim dan beraspal mulus. Adapun rutenya: Kota Mataram - Cakranegara - Kediri - Jalur By Pass - Praya - Sengkol - Keruak - Dermaga Tanjung Luar - Pulau Maringkik.

Akomodasi terdekat dari Pulau Maringkik adalah Telone Bungalow. Beralamat di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, sekitar 40 menit dari lokasi pulau. Fasilitasnya: area parkir, akses ke pantai, layanan kamar, akses Wi-Fi dan sarapan. Tarifnya mulai dari Rp233.000.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Agenda

 Sinergi Program

Aplikasi Bakso SIK-NG Kemensos

 Aparatur Desa

Back Next

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln. Dermaga Lama Tj. Luar - Pulau Maringkik
Desa : Pulau Maringkik
Kecamatan : Keruak
Kabupaten : Lombok Timur
Kodepos : 83672
Telepon : 081239244480
Email : [email protected]

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:4
    Kemarin:89
    Total Pengunjung:45.289
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.71.255.18
    Browser:Mozilla 5.0